Kepolisian Resor (Polres) Tanah Datar, Sumatera Barat fokuskan pengamanan di 15 titik lokasi yang ramai dikunjungi masyarakat menjelang Bulan Suci Ramadhan.
“Di 15 tempat tersebut kita menurunkan sebanyak 219 personel untuk menjaga keamanan dan ketertiban sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman berada disana,” kata Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas di Pagaruyung, Jumat.
Ia menjelaskan beberapa titik keramaian yang menjadi fokus pengamanan adalah pinggiran Danau Singkarak, pemandian Aie Angek Padang Ganting, Istano Basa Pagaruyung, Talago Pangian Lintau, Pemandian Minangkabau Sungayang, Rumah Pohon Salimpaung, dan Nagari Tuo Pariangan.
“Pengamanan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat terhadap tindak kriminal seperti pencurian, asusila, minuman keras, kecelakaan lalulintas, perkelahian warga, atau penyakit masyarakat lannya,” tambahnya.
Selain berjaga di lokasi keramaian itu, ujar Kapolres pihaknya juga melakukan patroli guna menciptakan situasi yang kondusif menjelang masuk Ramadhan.
“Dalam upaya agar umat muslim nyaman menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan, kita sudah melakukan operasi cipta kondisi dengan meninjau tempat ibadah, masjid dan mushala,” lanjutnya.
Ia mengharapkan selama pelaksanaan ibadah Shalat Tarwih, masyarakat dapat menjaga keamanan rumah masing-masing dari bahaya kebakaran dan pencurian, dan tidak menggunakan mercon yang dapat mengganggu kekhusukan beribadah malam hari.
Sementara Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengharapkan masyarakat dapat menjaga kenyamanan dan ketertiban sehingga tercipta suasana yang khusuk dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1438 Hijriah.
“Masyarakat hendaknya dapat menjaga ketertiban dan keamanan saat melakukan ibadah Shalat Tarwih seperti tidak membakar mercon atau kembang api yang dapat mengganggu kekhusukan beribadah,” sebutnya

LEAVE A REPLY