Kepolisian Resor (Polres) Tanah Datar, Sumatera Barat mengharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalulintas (lakalantas) selama Operasi Patuh 2017.
“Dari Operasi Patuh ini diharapkan terjadinya penurunan jumlah kecelakaan lalulintas serta meningkatnya disiplin masyarakat dengan mematuhi peraturan berlalulintas,” kata Kepala Polres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas usai acara gelar pasukan di Mapolres setempat di Pagaruyung, Selasa.
Ia menyebutkan operasi patuh ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas yang mantap dan menurunkan angka kecelakaan lalulintas serta korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya.
“Permasalahan bidang lalulintas akhir-akhir ini semakin berkembang seiring meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan penduduk,” tambahnya.
Kapolres menyampaikan pertambahan jumlah penduduk juga berpengaruh terhadap menambahan jumlah kendaraan bermotor karena kendaraan bermotor merupakan kebutuhan manusia sebagai alat transportasi akibatnya permasalahan lalulintas juga meningkat.
Ia mengharapkan agar operasi patuh tersebut mencapai hasil yang optimal maka penegakkan hukum khususnya polisi lalulintas supaya dapat melaksanakan operasi secara simpatik dan profesional dengan melakukan kegiatan penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli lalulintas.
Dalam operasi ini pihaknya mengerahkan puluhan personel gabungan Satuan Lalu Lintas, Propam dan Intelkam, serta dibantu personil TNI, Dinas Perhubungan, dan Satuan Polisi Pamong Praja, dalam pelaksanaan Operasi Patuh yang digelar dari 9 sampai 22 Mei 2017.
“Ketika petugas menemukan atau melihat ada pengendara baik roda dua, roda empat atau lebih melakukan pelanggaran lalu lintas di jalan raya, maka akan melakukan upaya penegakan hukum sebagaimana mestinya,” katanya.
Sementara Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma mengimbau masyarakat pengemudi kendaraan bermotor agar senantiasa mematuhi semua peraturan lalu lintas sebagaimana mestinya.
“Tapi yang terpenting, seluruh pengemudi kendaraan bermotor untuk senantiasa tertib dalam berlalu lintas, dan jadilah pelopor dalam keselamatan berlalu lintas di jalan raya,” katanya

LEAVE A REPLY